3 Cara Mengatasi Oli Menetes dari Mesin Motor Anda


3 Cara Mengatasi Oli Menetes dari Mesin Motor Anda

Oli bagi mesin motor ibarat air bagi ikan. Tetapi ada kalanya oli motor tidak terdistribusi dengan baik. Akhirnya menetes-netes ke luar. Ada 3 cara mengatasi oli menetes di mesin motor Anda. Cara ini bisa manjur bisa juga tidak. Tergantung mekaniknya siapa. Kalau Anda mau coba sendiri, coba ikuti cara ini.

1. Tutup Drat Baut dengan Selotip
Drat merupakn alur-alur yang ada pada sekrup. Fungsi sekrup dan baut tentu saja untuk mengencangkan komponen mobil yang saling bersinggungan. Sedikit saja dratnya bermasalah, maka akan longgar dan menyebabkan oli menetes keluar. Kalau kerusakannya baru sedikit pakai selotip saja biar lebih gampang.

2. Ganti dengan Baut yang Lebih Besar
Drat juga punya rumah. Di sana ada pelumasan oli, ada pula pembuangan oli. Dengan mengganti baut yang lebih besar diharapkan bisa menutupi arus oli yang kemungkinan bisa meluber. Untuk mengganti baut yang lebih besar tentu harus bikin alur sekrup yang baru juga. Biar pas dan nyambung.

Contohnya pada motor Supra X 125. Rumah drat yang berfungsi untuk pembuangan oli di bagian Cover R Crankcase perlu diperhatikan. Baut yang perlu diganti tentu saja pada bagian pembuangannya. Soalnya pada bagian itulah yang membuat oli tampak menetes-netes keluar. Untuk memasangnya, Anda wajib membongkar mesin lebih dulu.

3. Ganti Rumah Drat
Kalau kejadiannya cukup serius, maka mau tidak mau rumah dratnya yang harus diganti. Bukan hanya soal baut dan drat mininya. Sama seperti poin kedua, untuk mengganti rumah drat, maka mesin harus dibongkar. Di sini Anda memerlukan teknisi yang handal agar bisa berjalan dengan lancar. Jangan bongkar-bongkar sendiri, ya.

Oli yang menetes-netes itu boros. Bisa-bisa Anda kehabisan oli terus setiap hari. Sementara perjalanan Anda mungkin masih sangat panjang. Jika oli mudah menetes, maka mesin akan mudah panas. Akibatnya gampang rusak. Oleh karena itu, coba terapkan 3 cara mengatasi oli menetes di motor Anda, ya. Good luck!