5 Penyebab Demensia yang Wajib Diperhatian pada Usia Muda

Cara Merawat Gigi Berlubang Yang Ampuh dan Alami Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Ada di Toko Anda! Apa yang Harus Dilakukan saat Urat Leher Tegang? Ini Jawabannya! Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja  Cara Masak Kulit Singkong Cara Mudah Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu 6 informasi tetang rambut Bercabang Jual Dress Bayi Harga Grosir Terbaru
5 Penyebab Demensia yang Wajib Diperhatian pada Usia Muda

Pernahkah dengar penyakit otak bernama demensia? Rupanya, penyebab demensia tertinggi itu dari hal-hal yang sudah umum. Jika seseorang mengidap demensia, maka secara otomatis kemampuan otaknya menurun. Daya ingat juga menurun drastis. Begitu pula kemampuan bersosialnya. Setidaknya, 5 penyebab ini wajib jadi perhatian Anda.

1. Obesitas
Berisi saja memang boleh. Tetapi kalau kegemukan? Obesitas umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak yang dibiarkan. Produksi lemak bisa jadi dari makanan berminyak, atau sebab lainnya. Seseorang yang terlalu gemuk justru daya pikiran yang kritis bisa menurun tiba-tiba. Tapi tentu saja tidak terjadi dengan semua orang.

2. Merokok
Ada yang bilang kalau merokok bisa membuat pikiran lebih tenang. Tenang sesaat memang betul. Tetapi untuk tenang dalam waktu lama masih diragukan. Buktinya, masih ada saja seseorang yang mengkonsumsinya setiap hari. Asap rokok yang terserap itu secara langsung akan terhubung ke otak. Inilah yang berpotensi kena demensia.

3. Stres
Apa yang lebih buruk daripada seseorang yang stres? Misalnya gara-gara semua beban pekerjaan ditimpakan padanya. Kemudian baginya, semua terasa buruk dan tidak adil. Pada saat-saat seperti itulah otak akan menjadi pasif. Sebab, peran aktif otak baru bisa terasa saat Anda berharap bisa melakukan atau mendapatkan sesuatu.

4. Trauma
Seseorang yang pernah mengalami kejadian buruk di masa lalu berpotensi kena trauma. Trauma bisa jadi urusan jangka panjang kalau dikelilingi oleh orang yang selalu bikin ia ingat kejadian buruk di masa lalu. Tanpa sadar, saat itu pula kemampuan otaknya akan menurun drastis. Penyebab ini mirip dengan poin nomor 3, hanya beda kejadiannya.

5. Kurang Olahraga
Tidak bisa dipungkiri kalau olahraga menjadi sumber makanan sehat untuk otak. Jadi bukan hanya 4 sehat lima sempurna saja. Olahraga yang cukup akan membuat otak terangsang. Soalnya aliran darah akan tertuju ke sana. Sebaliknya, orang yang jarang olahraga akan berpotensi mudah stres karena atmosfer udara di otak jarang di-refresh.

Penyebab demensia di atas memang tergolong remeh. Potensi demensia tidak akan terjadi 5 penyebab di atas hanya terjadi dalam waktu singkat. Tapi kalau dibiarkan dalam waktu lama bisa-bisa demensia mudah menyerang. Lakukan semua hal dengan menyenangkan, ya. Kesehatan tubuh penting sekali demi masa depan Anda.